Cara Mengendarai Motor kopling

Cara Mengendarai Motor Kopling

Motor adalah sebuah kendaraan yang sangat dekat sekali dengan Kita, tidak bisa tanpa adanya motor. Apalagi dengan kondisi jarak tempuh yang jauh dan motor sangat membantu sekali dalam hal ini. Namun, jika Anda dalam keadaan mendesak dan hanya ada motor kopling? Lantas hal apa yang harus Anda lakukan? Hanya diam atau bersikukuh mengendarainya? Untuk mengantisipasi hal seperti ini maka Anda bisa belajar mengendarai motor kopling. 

Berikut langkah-langkah yang mudah yang harus Anda lakukan dalam mengendarai motor kopling.

Nyalakan kunci ke posisi on dan pastikan lampu indikator menyala

setelah itu tariklah tuas kopling dan masukkan gigi pertama dengan menekan tuas pengganti gigi dengan kaki kiri Anda. 

Tuas kopling terletak disebelah kiri setang sepeda motor. Dimana tuas ini berfungsi untuk melepaskan tenaga dari roda belakang saat mengganti gigi. Anda harus memikirkan tuas kopling ini sebagai saklar peredup bukan sebagai saklar on/off. Tariklah tuas ini dengan perlahan agar sepeda motor Anda tidak berhenti secara tiba-tiba.

Pola sepeda motor kopling adalah 1-N-2-3-4-5-6 berbeda dengan pola motor bebek

biasanya yang berpola N-1-2-3-4. Saat sedang berkendara, ketika hendak mengganti gigi dengan cara menarik tuas dengan tangan kiri untuk melepaskan ban belakang. Dalam pengoperasian take off sebaiknya tidak menggunakan gas terlebih dahulu, lepaskan kopling secara perlahan bertahap dan halus.

Tambahan Gas secara Bertahap

Setelah faham, mulailah dengan menambah kecepatan dengan cara perlahan dan jangan sampai dengan cara spontan karena akan membuat motor Anda terhentak-hentak. Setelah memahami pergerakan ini saat roda bergerak tambah gas dan handle gas dibukasecara bertahap dan perlahan. 

Perlambatlah menggunakan engine brakedan Rem

Pastikan selalu mengingat untuk memperlambat laju motor dengan rem depan dan belakang. Pastikan tuas kopling digunakan pada putaran rendah atau saat mau mati. 

Memang tidaklah mudah untuk mengendarai motor kopling ini. Perlunya keberanian dan juga tekat. Perlukan kehati- hatian dan juga keyakinan. Sehingga mengendarai motor kopling akan terlihat begitu mudah.

Sumber : https://www.riderbaik.com/


Tags: , ,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *